PDA.

Personal Digital Assistants disingkat PDA adalah sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil sekecil genggaman tangan serta dapat dibawa kemana-mana. Di dalamnya pun terdiri dari berbgai fitur yang canggih. seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, pengakses internet, (e-mail), radio, video, dan pencatat memo, buku-e, menggunakan GPS dan, akses internet, intranet, atau extranet lewat Wi-Fi atau Jaringan Wireless. Salah satu ciri khas PDA yang paling utama adalah fasilitas layar sentuh.

PDA memang berbeda dengan communicator. Bila PDA cenderung melebar, communicator cenderung memanjang. Monitor berdiameter hingga tiga inci dengan sistem layar sentuh (touch screen), menjadi salah satu ciri khas Personal Digital Assistant (PDA). Untuk mengoperasikan PDA, bisa menggunakan layar sentuh, stylus, atau keypad. PDA juga memiliki aplikasi perkantoran (office yang kaya. Aplikasi seperti Ecxel, Word, Powerpoint atau Spreadseed dibenamkan ke PDA. Disusul dengan aplikasi-aplikasi terbaru, seperti document viewer.

SMARTPHONE


Perbedaan dasar Smartphone dengan Pocket PC antara lain bentuknya. Smartphone jauh lebih kecil dan lebih ringan dibanding Pocket PC. Ukuran layarnya adalah 176×220 pixel dibandingkan dengan Pocket PC yang berukuran 240×320 pixel. Dengan adanya perbedaan tampilan layar, kita bisa menyimpulkan bahwa fungsi utama Pocket PC adalah untuk data, sedangkan suara hanya pelengkap.

Sementara Smartphone adalah alat untuk komunikasi suara, namun diperkaya dengan akses informasi data. Untuk fasilitas data, Smartphone dilengkapi dengan Mobile Outlook untuk membaca e-mail dan Mobile Web untuk Internet browsing. Selain dapat menerima panggilan masuk dan SMS, seperti fungsi ponsel pada umumnya, Smartphone juga dapat menerima e-mail, dan juga dapat melakukan real time chatting dengan teman yang sedang online melalui MSN Messenger.

Karena konsep Smartphone adalah ponsel, maka untuk penggunaannya juga lebih mudah. Cukup dengan satu jari dan dua kali tekan, Anda bisa langsung akses ke data yang tersedia. Aplikasi lainnya yang tersedia antara lain Windows Media Player yang membuat Anda bisa memutar file lagu WMA, MP3, ataupun MPEG4, dan berbagai game menarik.

Perbedaan kedua alat teknologi bergerak (mobile technology) ini bisa disimpulkan bahwa jika Anda memang sering bepergian dan membutuhkan sebuah komputer kecil yang bisa dibawa-bawa, Anda bisa memilih Pocket PC. Tampilan layarnya (display) yang lebih besar memudahkan Anda untuk bisa membaca lebih jelas dokumen-dokumen Anda. Sementara bagi yang hanya membutuhkan sebuah ponsel dengan fungsi yang lebih banyak, maka Smartphone akan menjadi pilihan yang pas karena bentuknya yang kecil sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

POCKET PC

Pocket PC atau yang bahasa umumnya diciptakan pertama kali dengan tujuan sebagai sebuah alat yang cukup ringan (dibandingkan dengan sebuah laptop) yang bisa dibawa ke mana-mana dan dapat memuat sejumlah informasi penting. Informasi penting ini bisa berupa alamat relasi bisnis, daftar harga produk, maupun e-mail. Dengan adanya Pocket Outlook, Pocket Word, Pocket Excel, pengguna Pocket PC dengan mudah mensinkronisasi data penting di komputer kerja ke dalam Pocket PC.

Demikian juga setiap data yang diubah di Pocket PC dapat disinkronisasikan kembali ke komputer meja sehingga setiap data yang ada di komputer maupun di Pocket PC tetap konsisten. Penambahan wireless modem di Pocket PC memungkinkan Anda untuk langsung akses ke Internet di tempat yang menyediakan access point ke jaringan Internet. Atau Anda juga dapat menggunakan jasa layanan operator seluler untuk keperluan ini.


Mengenai penampilannya, bagi Anda yang sering menggunakan komputer berbasiskan Microsoft Windows, maka tampilan Pocket PC pasti tidak asing lagi. Dengan satu tombol “Start”, semua aplikasi Microsoft Office seperti Word, Excel, Outlook dapat dijalankan seperti di komputer Anda. Untuk membaca Web, juga disediakan browser Internet Explorer